Perbedaan antara array dan linked list? Serta contoh dalam kehidupan sehari-hari

Apa Sih array dan linked list

Gambar Elemen Array

Dyos Channel - Dalam kesempatan kali ini kita akan sedikit mengulik tentang apa sih array dan linked list dalam struktur data bahasa pemograman..?

-       Array dalam Bahasa pemograman adalah sebuah variabel yang memiliki tipe data sejenis yang berderet sehingga memiliki Alamat memori bersebelahan dan bersambung.

-       Linked list adaah list yang merupakan untaian atau rangkaian dari daftar atau list dari data yang dibaca computer.

Array dan linked list bisa di sebut juga  dua struktur data yang digunakan untuk menyimpan dan mengelola koleksi elemen. 

Berikut ini adalah perbedaan utama antara keduanya:

1. Penyimpanan Data:

* Array: Array adalah struktur data yang menyimpan elemen dalam urutan terindeks. Semua elemen array ditempatkan dalam lokasi memori yang berdekatan, sehingga akses ke elemen berdasarkan indeksnya sangat cepat.

* Linked List: Linked list adalah struktur data yang terdiri dari simpul-simpul yang berisi elemen dan tautan ke simpul berikutnya. Setiap elemen dalam linked list memiliki dua bagian, yaitu nilai dan tautan (atau referensi) ke elemen berikutnya. Ini membuat penyimpanan elemen-elemen linked list tersebar di berbagai lokasi di memori.

2. Ukuran:

* Array: Ukuran array biasanya tetap dan ditentukan saat deklarasi. Jika Anda ingin menambah atau mengurangi elemen, Anda perlu membuat array baru.

* Linked List: Linked list bersifat dinamis, yang berarti Anda dapat dengan mudah menambah atau menghapus elemen tanpa harus mengubah ukuran linked list.

3. Penyisipan dan Penghapusan Elemen:

* Array: Menyisipkan atau menghapus elemen di tengah array (selain di ujungnya) memerlukan pergeseran elemen-elemen lain, yang dapat menjadi operasi yang mahal dari segi waktu.

* Linked List: Menyisipkan atau menghapus elemen di tengah linked list hanya melibatkan mengubah tautan antara simpul-simpul, yang biasanya lebih efisien daripada array.

                                                                                            Gambar Linked List

Contoh array dalam kehidupan sehari-hari:

* Daftar nilai-nilai mata pelajaran siswa dalam buku nilai.

* Daftar suhu harian selama seminggu, di mana setiap suhu disimpan dalam elemen array.

Contoh linked list dalam kehidupan sehari-hari:

* Daftar kontak dalam ponsel, di mana setiap kontak memiliki tautan ke kontak berikutnya.

* Antrian di kasir toko, di mana setiap pelanggan adalah simpul dengan tautan ke pelanggan berikutnya.

Pemilihan antara array dan linked list tergantung pada kebutuhan aplikasi dan operasi yang akan dilakukan pada koleksi data. Jika akses acak dan perubahan ukuran sering terjadi, linked list mungkin lebih cocok. Jika akses sekuensial dan ukuran tetap, array mungkin lebih efisien.


Post a Comment for "Perbedaan antara array dan linked list? Serta contoh dalam kehidupan sehari-hari"